Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kapolri Baru Akan Lakukan Soft Approach pada Wilayah Konflik Khusus

JAKARTA - Calon Tunggal Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Komjen Pol. Listyo Sigit mengutarakan akan melakukan soft approach atau pendekatan lunak kepada sejumlah wilayah konflik yang ada di Indonesia.

“mengembangkan pendekata konflik di wilayah yang membutukan perhatian khusus Pendekatan tidak dengan kekerasan, tetapi soft approach (pendekatan lunak),” ujar Listyo dalam pengantar paparan Program Saat Fit and Proper Test Kapolri di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Mantan Kapolda Banten itu menjelaskan, ada wilayah yang konfliknya dilatarbelakangi oleh permasalahan ekonomi. Oleh karna itu, “(Polri di bawah kepemimpinannya nanti akan) mengembangkan potensi masyarakat melalui kegiatan Binmas Pionir dalam menumbuhkan jiwa dan semangat peningkatan perekonomian masyarakat,”

Lebih lanjut, Sigit menginstruksikan, tindakan kepolsian harus dapat mendukung kegiatan yang ada di masyarakat. Bukan malah menganggu kondusifitas situasi, apalagi membahayakan masyarakat.

“Proses penegakkan hukum merupakan langkah terakhir yang diambil dalam pemecahan masalah.” pungkasnya.