Header Ads

Header ADS

Inilah Penyebab Kecelakaan Truk di Balikpapan

BALIKPAPAN - Di tahun 2017 ini sudah terjadi beberapa kali kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan roda delapan atau truck bermuatan besar seperti kontainer. Kejadian tersebut berulang kali terjadi yang berlokasi di turunan simpang Ramayana dan turunan RSKD.

Menurut pengamat Otomotif sekaligus Tekhnisi Alat Berat Herdi Maulana, seharusnya kejadian tersebut tidak perlu terulang berkali-kali, seharusnya pemerintah rutin melakukan cek KIR setiap 6 bulan. Selain itu juga menurut Herdi beberapa persoalan menjadi penyebab kecelakaan tersebut seperti kelebihan beban yang dimuat dalam kendaraan tersebut dan penggunaan ban yang sudah aus menjadi faktor penyebab kendaraan bisa mengalami kecelakaan tersebut.

Seperti diketahui Truck-truck yang selama ini mengalami kecelakaan biasanya menggunakan sistem rem angin, menurut Herdi seharusnya jika tekanan angin pada kompresor habis, maka seharusnya truck tersebut akan berhenti dengan sistem pengereman tersebut. Namun Truck masih bisa melaju dijalan, hal ini dikarenakan kondisi Truck yang tidak Laik jalan.

“Selama ini kejadian terus berulang hanya di Ramayana dan turunan RSKD aja kan, dan pasti truck-truck kontainer. Kan truck kontainer itu pake sistem rem angin, nah kalo anginnya habis harusnya truck itu berhenti gak bisa jalan, tapi ini masih jalan aja, nah ini disebut gak laik, biasanya saat uji KIR petugas bisa man mata, juga biasanya supir suka kelikir ban, ban sudah gundul di keriknya lagi, ini kan gak laik juga jadinya. Makanya truck susah dikendalikan,”jelasnya.

Lebih lanjut Herdi meminta untuk ketegasan pemerintah melarang beroprasinya truck yang tidak laik tersebut, dan disaat uji KIR petugas jangan sampai bermain mata oleh pemilik truck atau pengusaha.(tim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.