Header Ads

Header ADS

Tekan Ganguan Kamtibmas, Polisi Rutin Patroli dan Sambang

BALIKPAPAN - Patroli Unit Kecil Lengkap (UKL) anggota Polsek Balikpapan Barat yang rutin dilaksanakan setiap malam, membuat tindak kriminalitas menurun drastis. Hal ini terlihat dari menurunnya laporan kasus kriminalitas konvensional seperti pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), penganiayaan, dan lainnya di wilayah Balikpapan Barat.

"Banyak masyarakat sudah merasakan kriminal di Balikpapan Barat berkurang. Kalau pun ada laporan, paling KDRT (kekerasan dalam rumah tangga, Red.). Masalah rumah tangga kita limpahkan ke Unit PPA di Polres," terang Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol I Putu Yasa SH, kemarin.

Menurunnya kasus kejahatan ini tidak terlepas dari rutinnya anggota melakukan UKL dari malam hingga pagi hari, yang dirangkai dengan safari salat subuh ke masjid-masjid. 

Kegiatan safari salat subuh ini selain menjalankan ibadah, juga mencari informasi di masyarakat terkait tindak kriminalitas. "Sejauh ini saat melakukan patroli UKL paling mendapati anak ngelem. Untuk pesta miras sudah jarang setelah kami tangkapi terus. Ya kami harap ini akan tetap terjaga, karena mabuk miras itu pemicu dari tindak kriminalitas," ungkapnya.

Meski sudah mulai tertib, pihaknya tidak akan mengendorkan kegiatan patroli yang dilakukan setiap malam. Hal ini agar tidak memberi celah kepada pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksinya. "Selama saya menjabat sebagai kapolsek, kegiatan ini akan intens dilakukan, agar wilayah Balikpapan Barat ini tetap terjaga keamanannya," tandasnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.