Header Ads

Header ADS

Balikpapan Raih 2 Penghargaan IRSA 2017

JAKARTA - Penganugerahaan Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2017 kembali digelar untuk kelima kalinya, bertempat di Ballroom Mandiri Tower (7/12). Acara penagurahan dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Dalam kata sambutannya, ia mengatakan sangat mendukung program IRSA 2017. Menekan angka kecelakaaan lalu lintas menjadi tanggung jawab semua pihak dan rendahnya angka kecelakaan menjadi indikator kemajuan suatu negara.

“Saya harap pemenang IRSA 2017 bisa menjadi Inspirasi bagi kota atau kabupaten lain dalam penerapan tata kelola keselamatan jalan,” paparnya.

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang diikuti oleh 110 kota dan kabupaten, IRSA 2017 diikuti oleh 120 kota dan kabupaten. Dari jumlah tersebut tersaring 23 finalis IRSA 2017 berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti, jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fasilitas kecelakaan dan data pendukung lainnya melalui tahap shortlisting.

“Sejak dimulai IRSA pada tahun 2013, terjadi peningkatan peserta IRSA tiap tahunnya. Ini membuktikan program ini mendapat dukungan yang luar biasa dan secara tidak langsung telah menekan angka kecelakaan lalu lintas,” tegas JulainNoor, Direktur Utama Adira Insurance.

Julian juga berharap pesan dan semangat IRSA dapat terus menular hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya penghargaan IRSA 2017 dapat memacu Pemkot dan Pemkab untuk terus berinovasi dalam mengembangan program-program keselamatan jalan.

IRSA 2017 merupakan rangkaian kegiatan dari program corporate social responsibility Adira Insurance yang bertajuk I Wanna Get Home Safely. Para pemenang IRSA 2017 dipilih berdasarkan penilaian yang mengacu pada 5 pilar dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK).
Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle) , Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dan Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Cash Response).

Untuk Kalimantan Timur sendiri diwakili oleh Kota Samarinda dan Balikpapan. Dalam IRSA 2017 Kota Balikpapan mendapatkan 2 Penghargaan Kategori Kota/Kabupaten "Excellent City 2017" yakni Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management) dan Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle).

Sedangkan Kota Samarinda menjadi Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dalam Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah.

Penghargaan IRSA 2017 diserahkan langsung oleh Menteri BAPPENAS kepada Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi yang di dampingi oleh Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, Kadishub dan Kasat Pol PP Kota Balikpapan serta Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto.

"Terimakasih kepada warga Balikpapan yang telah mematuhi peraturan dan tertib berlalu lintas serta jadilah pelopor keselamatan berlalulintas baik untuk diri sendiri maupun orang lain," terang HM Rizal Effendi seusai menerima penghargaan.

Ucapan terimakasih kepada warga Balikpapan sudah tertib berlalu lintas juga disampaikan oleh Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta.

"Dengan tertib lalu lintas tentunya akan mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di kota kita tercinta ini. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan lalu lintas. Bila bukan kita yang mulai untuk membiasakan untuk tertib, siapa lagi? Semoga kedepan warga Balikpapan bisa membangunkan kesadaran kita bersama untuk menyadari bahwa pentingnya mematuhi peraturan yang ada," pungkas AKBP Wiwin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.