Header Ads

Header ADS

Bentuk Sinergitas TNI dan POLRI, Pangdam VI Mulawarman Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2018

BALIKPAPAN - Guna mengantisipasi gangguan keamanan pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2018, Polda Kalimantan Timur menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2017 di SPN Balikpapan. Kamis (21/12).

Ada yang menarik dalam apel gelar pasukan kemarin pagi, yang mana bukan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) melainkan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhaji.
 
Pangdam VI Mulawarman memimpin apel tak lepas dari permintaan Kapolda Kaltim sesaat sebelum apel gelar pasukan dimulai.

 
"Bukan bertukar, memang pangdam kita siapkan," ujar Safaruddin.








Safaruddin ingin menyampaikan bahwa inilah bentuk sinergitas dan kekompakan TNI dan Polri di wilkum Polda Kaltim.
 
Sementara Pangdam VI Mulawarman mengaku diperintah oleh Kapolda Kaltim untuk menjadi Inspektur Upacara.

 
"Saya diperintah Kapolda, Kita melaksanakan perintah itu. Yang jelas bahwa siapapun yang mengambil apel itu saya, berarti saya siap mendukung penuh operasi lilin," ungkap Mayjen TNI Sonhaji.

  
Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal Sonhadji memimpin apel serta membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Operasi Lilin Mahakam 2017 akan berlangsung selama 10 hari mulai 21 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Dalam amanatnya ada beberapa hal yang ditekankan antara lain untuk memetakan seluruh potensi kerawanan, tingkatkan kewaspadaan dalam aksi terror dan kejahatan konvensional, lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat, optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat, maksimalkan satgas pangan, dan perkuat  sinergitas poilisional dengan seluruh stakeholders.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan aksi gangguan kamtibmas dalam bentuk terorisme, terutama konflik yang berbau keagamaan dan ideologi harus diwaspadai dalam masa natal dan tahun baru 2018.

"Kita telah menyiapkan personil di sejumlah tempat ibadah dan beberapa titik kerawanan untuk melakukan pengamanan selama operasi berlangsung” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.