Header Ads

Header ADS

Raih Predikat WBK, Bukti Kegigihan Polres Balikpapan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

JAKARTA - Sebuah prestasi membanggakan diraih Kepolisian Resor Balikpapan, satu-satu Polres jajaran Polda Kalimantan Timur yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai unit kerja pelayanan di lembaga negara dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) selaku Tim Penilai Nasional pembangunan zona integritas.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Hotel Bidakara Pancoran Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017) bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Internasional yang juga diselenggarakan Komisi Pemberantasam Korupsi dalam acara Workshop bertema ”Zona Integritas Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi“.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur kepada Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta.

Dalam sambutannya, Menteri Asman mengatakan pemberian penghargaan bagi unit kerja pelayanan yang berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ini dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ini dimaksudkan agar momentum Hari Anti Korupsi Internasional mampu menjadi pemicu bagi seluruh Instansi Pemerintah untuk melakukan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi secara konkret, sistematis, dan berkelanjutan," ujar Menteri Asman.

Unit kerja yang menjadi pilot project  tersebut disebut dengan unit kerja pelayanan Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).  

"Untuk itu, saya meminta pimpinan instansi pemerintah yang telah memiliki unit kerja WBK/WBBM untuk segera menularkan hal-hal baik yang ada di unit WBK/WBBM tersebut ke unit-unit lain di lingkungan instansinya," tegas Menteri Asman.

Dengan diterima penghargaan tersebut Polres Balikpapan bisa dikatakan mampu melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional dalam mewujudkan good govermence dan clear goverment.

”Dimata publik, hal tersebut menjadi semacam pembuktian bahwa Polri khususnya Polres Balikpapan mampu merubah dirinya dalam melakukan reformasi birokrasi internal secara efektif di satuan kerjanya,“ ujar Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta.

AKBP Wiwin Firta juga mengatakan bahwa, hal ini berkat dukungan dan kegigihan dari semua personil yang turut serta menjadikan Polres Balikpapan sebagai zona terintegritasi dalam upaya pencegahan korupsi.

“Mustahil kalau semua ini dilakukan oleh individu ataupun per orangan, namun tentunya buah dari kegigihan ini adalah hasil dari kekompakan Jajaran Polres Balikpapan yang mau berubah menjadi lebih baik lagi dalam melayani masyarakat secara optimal,“ pungkas AKBP Wiwin Firta.

Selain Polres Balikpapan, setidaknya ada 6 unit kerja mendapat penghargaan WBBM, dan 76 unit kerja mendapat penghargaan WBK dalam rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKORFIA) tersebut. (*)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.