Header Ads

Header ADS

Puslitbang Polri Melakukan Penelitian Dampak Positif dan Negatif Pelaksanaan Pilkada 2020 di Polres Balikpapan

Kilasbalikpapan.com, BALIKPAPAN - Puslitbang Polri adakan penelitian tentang Dampak Positif dan Negatif terkait Pelaksanaan Pilkada Langsung dalam Rangka Kesiapan Pengamananan Pemilukada Tahun 2020, diwilayah hukum Polres Balikpapan, Senin (18/11/19).

Bertempat di Aula Parama Satwika Polres Balikpapan, Kedatangan Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Drs. Dadang Suwondo selaku Ketua Tim Peneliti, didampingi Pembina Utama Prof. Dr Lili Romli selaku Konsultan, Pembina Dwi Irawati SS dan Iptu Reo Anggar Prabowo, ST diterima langsung Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta YAP, SIK bersama PJU Polres Balikpapan.

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan menganalisa pelaksanaan Pilkada langsung tahun 2018 lalu, dalam rangka kesiapan Polri dalam pengamanan Pemilukada tahun 2020 mendatang.

Untuk responden dalam penelitian ini terdiri dari beberapa Kabag dan Kasatfung beserta perwakilan personel, Perwakilan KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan, Perwakilan PPK, KPPS, Parpol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Wanita.

Kegiatan ini diawali kata sambutan dari Kapolres Balikpapan dan dilanjut dengan sambutan dari Ketua Tim Peneliti Drs. Dadang Suwondo, yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh responden yang telah hadir, semoga kegiatan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat khususnya tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

Drs Dadang Suwondo mengatakan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis pelaksanaan Pilkada Langsung Tahun 2018 dan Kesiapan Polri dalam pengamanan pelaksanaan Pemilukada Tahun 2020.

Output dari penelitian ini utk memberikan rekomendasi kpd Pimpinan Polri terkait dengan :
1. Evaluasi pelaksanaan pilkada langsung tahun 2018;
2. Dampak yang ditimbulkan dengan penyelenggaraan pilkada secara langsung baik positif maupun negatif;
3. Pemetaan berbagai persoalan yg muncul dalam penyelenggaraan pilkada serentak sehingga diharapkan akan dapat dijadikan  masukan bagi Polri guna  mengantisipasi dalam pengamanan Pemilukada Tahun 2020.

Ia juga menyampaikan bahwa penelitian ini dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 untuk mencari masukan-masukan baik dari pihak pelaksana, petugas Kepolisian serta seluruh lapisan masyarakat agar pelaksanaan Pilkada tahun 2020 dapat berjalan lebih baik.

Selain Polres Balikpapan, adapun sasaran penelitian ini dilaksanakan di Polda Kaltim, Polres Paser, Polres PPU, Polresta Samarinda dan Polres Kutai Kartanegara.


Selanjutnya dilakukan Proses Pengumpulan Data yang dipandu Konsultan Peneliti  Prof. Dr Lili Romli dengan cara Pengisian Kuesioner oleh seluruh responden yang hadir. Setelah pengisian kuesioner dilanjutkan dengan Diskusi dan tanyajawab tentang pembahasan Pilkada Langsung dan Tidak Langsung.

Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan Focus Group Discusiom (FGD) dengan Kapolres Balikpapan, Para Kabag dan Kasat jajaran Polres Balikpapan.

Mengakhiri kegiatan ini, Ketua Tim Puslitbang Polri mengucapkan terimakasih atas terlaksananya penelitian ini serta masukan-masukan yang telah disampaikan, sebagai bahan pengkajian untuk ditindaklanjuti.

Diharapkan penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada Pimpinan Polri terkait dengan Evaluasi pelaksanaan Pilkada langsung tahun 2018 serta dampak yang ditimbulkan atas penyelenggaraan Pilkada secara langsung baik positif maupun negatif.

Selain itu juga dapat dilakukan pemetaan berbagai persoalan yang muncul dalam penyelenggaraan Pilkada langsung, sehingga dapat menjadi masukan bagi Polri sebagai langkah antisipasi dalam pengamanan Pemilukada Tahun 2020.
Diberdayakan oleh Blogger.