Header Ads

Header ADS

Brimob Berikan Edukasi New Normal Life Kepada PKL di Klandasan Balikpapan


BALIKPAPAN, brimobpoldakaltim.com – Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim laksanakan patroli himbauan serta edukasi tentang New Normal kepada pedagang Kaki Lima di daerah pasar Klandasan Kota Balikpapan.

Patroli Brimob Polda Kalti mengedukasi para pedagang dengan menjelaskan tentang Apa itu New Normal “Pada prinsipnya New Normal adalah fase di mana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan dan publik diperbolehkan untuk kembali beraktivitas dengan sejumlah protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah sebelum ditemukannya vaksin, langkah ini dijalankan pemerintah untuk memulihkan produktivitas masyarakat agar perekonomian dapat kembali bergeliat setelah terpuruk di kuartal pertama dengan pertumbuhan hanya 2,97 persen,” Ujar Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK kepada Humas Brimob. (18/6).

Tatanan kehidupan normal baru atau new normal di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) jadi topik yang cukup ramai dibicarakan dalam beberapa waktu terakhir, terlebih setelah Pemerintah pusat mengecek kesiapan penerapan prosedur New Normal di pusat perniagaan dan transportasi publik.

Di sektor jasa perdagangan, persiapan new normal ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/335/2020 tentang Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik) dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha.

“Dalam surat tersebut, pemerintah mengatur tata cara pedagang baik jasa maupun barang dalam situasi new normal, mulai dari mencegah kerumunan pengunjung dengan membatasi akses masuk orang ke dalam toko, menerapkan sistem antrean di pintu masuk dengan tetap melakukan jarak fisik minimal satu meter hingga menganjurkan sistem take away (bawa pulang).” Jelas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Yang menjadi acuan untuk diberlakukannya New Normal Angka penularan infeksi reproduksi efektif (Rt) berada di bawah angka 1 selama minimal dua pekan. Kedua, memiliki sistem kesehatan yang memadai, yakni dapat menangani kenaikan kembali jumlah kasus Covid-19 yang timbul setelah PSBB. Terakhir, sistem pengawasan mampu mendeteksi dan melakukan tatalaksana pada kasus dan kontaknya, serta mengidentifikasi kenaikan kembali jumlah kasus.

Di masa new normal sektor usaha atau bisnis diwajibkan pemerintah untuk membentuk tim kebersihan khusus, membuat panduan untuk bekerja dari rumah, melakukan pembatasan tempat kerja, hingga melakukan pelacakan pegawai terpapar Corona.

Selain itu dalam upaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.