Header Ads

Header ADS

Danyon A Brimob Kaltim Pimpin Panen Budidaya Lele, Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19



BALIKPAPAN, brimobpoldakaltim.com — Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim telah menyiapkan seluruh aset, baik itu berupa lahan pertanian maupun perikanan, dalam rangka ketahanan pangan guna menuju New Normal dimasa pandemi COVID-19 dan juga dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru di wilayah Kota Balikpapan, Jumat (19/06/2020).

Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK menjelaskan bahwa, Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim menyikapi dampak dari mewabahnya Covid-19 yang saat ini sedang berkembang, melalui Program Budidaya Kolam Ikan Lele dan tanaman hidroponik berupaya mengantisipasinya dengan cara menyiapkan asetnya, untuk selanjutnya diolah menjadi lahan pertanian dan perikanan yang mampu mendukung ketahanan pangan.

“Dampak dari pandemi Covid-19, akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan, sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan pertanian baru yaitu hidroponik, yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan menuju New Normal dimasa pandemi Covid-19,” terang AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK

Dirinya menyebut, “Wabah Covid-19 yang menyebar telah memberikan dampak besar terhadap ketersediaan stok pangan, sehingga perlu disiapkan lahan pertanian dan perikanan baru. Hal ini tentunya cara efektif untuk mencegah terjadinya krisis pangan yang menjadi kebutuhan pokok manusia,” ungkapnya.

Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK menambahkan, dengan dilaksanakannya budidaya ikan lele dan tanaman hIdroponik, memanfaatkan lahan di lingkungan Mako Batalyon A Pelopor, diharapkan dapat mendorong berkembangnya usaha serta mendukung terwujudnya peningkatan konsumsi protein hewani yang merupakan bagian dari sumber daya ekonomis, yang keberadaanya sangat strategis dalam memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan Nasional.

“Besar harapan, kedepannya budidaya ini menjadi salah satu sumberdaya yang akan diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat menuju New Normal dimasa pandemi Covid-19,” ucap dia.

Dikatakannya, selain dari pada itu, hari ini Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim telah menghasilkan Panen Budidaya Ikan Lele, dan kemarin juga sudah dilakukan panen Tumbuhan Hidroponik dari program ini, untuk meningkatkan taraf hidup anggota Brimob dan masyarakat yang mapan dan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terkait ketahanan pangan, guna menghadapi efek pandemi Covid-19, dalam rangka ketahanan pangan menuju New Normal dimasa pandemi Covid-19.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK menambahkan, “bahwa hasil Panen Budidaya Ikan Lele dan tanaman hidroponik melalui Kemitraan Brimob Polda Kaltim bersama warga Kota Balikpapan, langsung dibagikan kepada warga yang terdampak Covid-19 dalam rangka mewujudkan Ketahanan pangan Brimob Polda Kaltim menuju New Normal dimasa Pandemic Covid-19 dan program ini tentunya mampu dijadikan percontohan kepada seluruh anggota Brimob Kaltim dan Jajaran,” Pungkasnya.

Selain itu dalam upaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.