Header Ads

Header ADS

Ditengah Pandemi Covid-19, Aipda Abdullah Wakili Brimob Jadi Tim Seleksi Paskibra Kota Balikpapan 2020

KILASBALIKPAPAN.COM — Di tengah pandemi Covid-19, Dispora Kota Balikpapan tetap melangsungkan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Seleksi Kali ini berlangsung di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (8/6/2020).

Pemerintah Kota Balikpapan membentuk tim Paskibraka yang terdiri dari seluruh siswa siswi SMA, SMK dan MA terbaik se Kota Balikpapan. Yang nantinya terpilih untuk menjadi Paskibraka Kota Balikpapan pada tanggal 17 Agustus tahun 2020 ini.

Sebagai anggota Batalyon A Pelopor Aipda Abdullah Hadi serta sebagai bentuk bakti brimob untuk masyarakat, dipercaya pimpinan untuk mewakili Satbrimob Polda Kaltim guna menseleksi dan melatih tim Paskibraka Kota Balikpapan dibantu perwakilan dari Dispora Kota Balikpapan, TNI dan para alumni Paskibraka.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengungkapkan, seleksi tersebut sebagai persiapan jika sewaktu-waktu paskibraka tetap digunakan dalam upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang. “Ini persiapan,” katanya.

John Huntal Sarjananto Sitanggang menyebut, dalam seleksi kali ini sangat ketat dan betul-betul menerapkan protokol kesehatan.

“Kali ini seleksinya dengan langsung di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Balikpapan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutur John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Materi yang diberikan kepada adik-adik Paskibraka Balikpapan ini terdiri dari Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tata Upacara bendera (TUB), perlakuan terhadap Bendera Merah Putih, Kepemimpinan, Kepaskibrakaan, serta Public Speaking agar para Paskibraka percaya diri berbicara di muka umum.” Ujar John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Masih, Dansat Brimob mengatakan sebagai anggota Brimob kita sudah seharusnya mengetahui tentang bagaimana itu tata upacara bendera dan peraturan baris berbaris yang benar.

“Karena hal tersebut sering dilaksanakan dan rutin dilatihkan dalam kedinasan anggota Brimob sehari-hari, jadi terbilang mustahil kalau ada anggota yang tidak mengetahui bagaimana cara baris berbaris serta tata upacara yang baik dan benar.” Tambah Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Lebih lanjut, John Huntal Sarjananto Sitanggang menyampaikan, saat persiapan itu bagi yang telah lulus seleksi calon Paskibraka, mereka akan diberi modul untuk latihan. “Kalau sudah mendekati dan sudah ada kepastian nanti akan dikumpulkan lagi,” beber John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu dalam upaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.