Header Ads

Header ADS

Jelang New Normal di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, ini Yang Disiapkan Pihak Bandara


BALIKPAPAN, www.kilasbalikpapan.com - Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, kalimantan Timur menjadi salah satu bandara yang tengah mempersiapkan new normal di tengah masa pandemi Virus Corona atau covid-19.

Pasalnya dari informasi yang didapat dari pemerintah pusat, akan memutuskan kebijakan new normal di seluruh penerbangan setelah tanggal 8 Juni 2020.

General Manager Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan, dalam penerapan new normal pemeriksaan dokumen akan tetap dilakukan.

Namun rencananya, pihak Angkasa Pura akan memindahkan pemeriksaan yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dari lantai 3 keberangkatan ke lantai 4 agar pelayanan tak terganggu.

"Supaya tidak berdesakan dan berkumpul, pelayanan akan kita jaga, perintah sosial distancing, penggunaan masker, dan harus menjaga jarak," ujarnya, Senin (8/6/20).

Sementara itu terkait persyaratan dokumen pun akan berubah. Sebab persyaratan dokumen akan berbeda setelah new normal diberlakukan pada dunia penerbangan.

"Kita akan lihat perkembangannya seperti apa, keputusannya akan ada setelah tanggal 8 ini. Karena kemarin kaitannya dengan rencana pelarangan mudik, kalau sekarang hanya pembatasan. Jadi SOPnya harus tetap dijaga," kata Farid.

Adapun mengenai kapasitas penggunaan bandara pada saat new normal hanya 50 persen saja. Namun saat ini saja, penggunaan bandara masih hanya 20-30 persen saja yang terpakai.

Sementara mengenai kasus penumpang yang tidak berangkat akibat dokumen tak memenuhi syarat pada awalnya memang banyak ditemukan.

Namun Farid mengakui bahwa  semakin hari kesadaran masyarakat terkait masalah ini sudah semakin meingkat.

"Awal diberlakukan banyak kasusnya tidak berangkat, tapi sekarang masyarakat sudah sadar diri, yang tidak penuhi surat dia akan balik sendiri," pungkasnya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.