Header Ads

Header ADS

Pemkot Balikpapan Gelar Rapid Test Massal di Lapangan Merdeka

BALIKPAPAN - Demi mendeteksi dini penyebaran covid-19 di tempat umum, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan menggelar pemeriksaan skrining rapid test massal di kawasan Lapangan Merdeka, pada Minggu (14/6) pagi

Sebanyak 250 alat tes rapid disediakan oleh tim gugus tugas. Kegiatan rapid test massal ini dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan, Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Waka Polreta Balikpapan AKBP Sebpril Sesa, dan Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty.

Rizal mengatakan, mulai normalnya kembali kegiatan warga di kawasan Lapangan Merdeka harus betul-betul dicermati, agar tidak menjadi tempat penyebaran covid-19.

“Hari ini kita mencermati kegiatan warga Balikpapan di Lapangan Merdeka yang mana mulai normal kembali, untuk sebab itu kami melaksanakan rapid test massal hari ini,” terangnya.

Dia juga menyebut, dari hasil yang terkonfirmasi positif terakhir sebanyak 97 orang dan untuk saat ini yang masiv terjadi di Kampung Baru, pekerja migas dan pekerja batubara.

“Olahraga memang penting, namun saya imbau kepada warga Balikpapan untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker guna menjaga diri sendiri, serta orang di sekitar kita selama aktivitas olahraga, kita juga sedang menyiapkan Perwali untuk aturan penggunaan masker, sehingga bila nanti terdapat warga yang tidak menggunakan masker untuk kegiatan di luar rumah maka akan dikenakan sanksi,” papar Rizal.

Dia berharap, kegiatan rapid test yang dilakukan di Lapangan Merdeka tersebut tidak mendapatkan hasil yang reaktif. “Karena rapid test ini sangat penting dalam langkah awal mengidentifikasi Covid-19, walaupun akurasi hanya 30 persen , namun ini sangat membantu, sehingga bila di Rapid tes ini terdapat warga yang reaktif maka harus dilakukan SWAB,” sebutnya.

Tak hanya di Lapangan Merdeka, rapid test juga telah dibuka di puskesmas-puskesmas, namun sementara masih dilaksanakan di puskesmas Kelurahan Baru Ilir dan Kelurahan Baru Tengah, mengingat beberapa hari lalu di daerah tersebut terdapat 10 orang yang terkonfirmasi positif.

“Bila terdapat banyak hasil rapid test yang reaktif dan hasil SWAB-nya ada yang positif pada hari ini, maka dengan terpaksa kita akan menutup kembali Lapangan Merdeka untuk kegiatan keramaian guna menjaga penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Selanjutnya pihak Pemerintah Kota (Pemkot) akan merencanakan untuk memulai ijin resepsi pernikahan. “Namun kita menyarankan untuk tidak mengundang keluarga yang berasal dari luar Balikpapan,” pungkasnya.

Source : Metro Kaltim
Diberdayakan oleh Blogger.