Header Ads

Header ADS

Pemkot Siapkan Panduan, Jelang New Normal Pertengahan Juni, Objek Wisata di Balikpapan Dibuka


BALIKPAPAN, KILASBALIKPAPAN.COM -- Songsong new normal di Kota Balikpapan, rencananya pusat-pusat wisata alam dan tempat hiburan yang ada di Kota Balikpapan Provinsi Kaltim akan dibuka.

Pihak Pemkot Balikpapan telah memiliki rencana untuk memberlakukan new normal di bidang pariwisata di Kota Balikpapan.

Rencana membuka, tentu akan dimatangkan dengan tetap nanti akan terapkan protokol kesehatan. Hal ini disampikan oleh  Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Dortje Marpaung pada Minggu (7/6/2020). 

Mengawali new normal di tengah pandemi Covid-19 atau virus Corona maka pemerintah Kota Balikpapan (Pemkot Balikpapan) Provinsi Kalimantan Timur telah memberi kelonggaran dengan dibukanya kembali tempat ibadah, mall, dan restoran pada fase pertama.

Meski belum diketahui pasti namun pemerintah kota juga tengah memberi isyarat akan membuka objek wisata, tempat bermain anak dalam waktu dekat.

Disampaikan Wlikota Balikpapan Rizal Effendi, jika kedua objek itu dibuka maka protokol kesehatannya juga tak jauh berbeda dengan fasilitas umum yang dibuka pada fase pertama.

"Bisa lebih cepat kita lihat situasinya dulu. Saya kira kebijakkannya tidak banyak yang berubah, cuma waktunya saja kita ini. Kalau protokol kesehatannya sama juga,” ujarnya di Kota Balikpapan Kalimantan Timur pada Sabtu (6/6/2020) pagi.

Menyambut hal ini Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Dortje Marpaung mengatakan pembukaan objek wisata akan dilakukan pada fase kedua.

Mengenai masalah kesiapan, dirinya mengklaim bahwasannya saat ini Disporapar tengah menyusun SOP protokol kesehatan sesuai dengan standar tempat wisata.

Dijadwalkan pembukaan tempat-tempat wisata di Kota Balikpapan, akan dilakukan pada pertengahan Juni. 

"Sepertinya akan dibuka kembali pada fase kedua di pertengahan Juni. Yang jelas panduan ini sudah kita siapkan tinggal tunggu detailnya saja," terangnya

Surat edaran pada fase pertama akan menjadi panduan Disporapar dalam menyusun dan mempertajam konsep aturan tempat pariwisata secara internal.

Nantinya semua objek wisata pun akan dibuka tanpa terkecuali.

Termasuk objek wisata dalam empat kategori yakni wisata hutan, wisata pantai, wisata sejarah, dan wisata buatan.

"Pokoknya semua objek pariwisata termasuk kebun raya, pantai, dan segala macamnya akan dibuka pada pertengahan Juni," sebutnya.

Saat ini Disporapar pun tengah meminta bantuan kepada Walikota Balikpapan untuk dapat membantu dalam pengadaan alat pengukur suhu tubuh, Thermo Gun.

Pasalnya nanti, alat tersebut akan ditempatkan pada setiap titik objek wisata yang tersebar di Kota Minyak, julukan Kota Balikapan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.