Header Ads

Header ADS

Menteri Edhy Prabowo membuat peraturan berdasarkan aspirasi dari Nelayan


Jakarta, law-justice.co – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan mengatakan sependapat dengan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Dia menilai selama ini kinerja Menteri KKP, Edhy Prabowo sudah baik dan banyak mengeluarkan kebijakan yang sesuai dengan aspirasi para nelayan dan stakeholder perikanan kelautan lainnya.

Kinerja Menteri Edhy sangat baik, mampu menyerap dan wujudkan apa maunya nelayan,” ujar  Daniel kepada liputan6.com di Jakarta, Sabtu (25/7/2020). Sebelumnya, lembaga survei Indikator Politik Indonesia melakukan survei terhadap tujuh sektor pelaku usaha untuk mengevaluasi kinerja ekonomi dan pemerintahan di masa pandemi Covid-19.

Hasilnya, pelaku usaha sektor ini mengaku puas dengan kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan. Meski begitu, lanjut dia, kinerja Menteri KKP masih perlu terus ditingkatkan. Dia meminta agar Edhy segera mencabut beberapa peraturan menteri (Permen) yang dinilai kerap menyulitkan para nelayan, sehingga harus segera direvisi.

“Banyak yang perlu ditingkatkan karena masih banyak permen yang tidak tepat yang harus segera dicabut dan dibuat permen baru yang mampu memajukan perikanan nasional,” tambahnya

Sementara itu pengusaha tambak udang asal Sukabumi, Haji Mursid, mengatakan Edhy merupakan sosok menteri yang mau mendengarkan keluhan-kesah para pelaku usaha perikanan. Dia menyebut bahwa selama ini permasalahan dalam usaha budidaya tambak udang adalah soal ketersediaan air dan bibit.

“Setelah ketemu beliau beberapa waktu yang lalu, beliau berjanji akan mengupayakan arus air di seluruh pertambakan udang selalu lancar. Sehingga sumbatan-sumbatan yang ada di kawasan tambak akan diperbaiki,” lanjutnya

Mursid menilai sejak kepemimpinan Menteri Edhy, para nelayan merasa tak khawatir ketika melaut di perairan sndiri. Sebab, dahulu banyak aturan-aturan yang menyulitkan mereka dalam mencari ikan atau hasil laut lainnya. “Para nelayan senang, peraturannya enggak terlalu ketat kayak dulu. Kalau dulu, ini enggak boleh, itu enggak boleh, tapi nelayan asing masuk terus,” curhat Mursid.

Sebelumnya dari survei Indikator, para pelaku usaha di tujuh sektor kementerian, menempatkan Edhy Prabowo di posisi 6 menteri terbaik. Peringkat teratas adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.