Header Ads

Header ADS

Polsekwas Pelabuhan Pemeriksaan Hewan Kurban yang Masuk di Pelabuhan

BALIKPAPAN, Sama seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang perayaan Hari Raya Idul adha, hewan kurban seperti sapi dan kambing mulai banyak didatangkan dari luar daerah dengan tujuan Kalimantan Timur salah satunya Balikpapan.

Untuk memastikan keamanan dan kelengkapan dokumen hewan-hewan tersebut, jajaran anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang, AKP Retno Ariani langsung melakukan pengecekan setiap kali kedatangan kapal pengangkut hewan kurban yang berasal dari Sulawesi.

“Kegiatan pengawasan dan pengecekan terhadap kapal yang datang ini sebenarnya kegiatan rutin kami, karena ini menjelang Iduladha dan banyak hewan kurban yang masuk pengawasan dan pengecekan kami tingkatkan,” terang AKP Retno, Kamis (16/7) pagi.

Sejauh ini lanjutnya, ada sekira 229 ekor hewan kurban sapi dan kambing, yang turun di pelabuhan Semayang dan pelabuhan Kampung Baru.

Sebelum meninggalkan area pelabuhan kelengkapan dokumen hewan kurban yang dibawa dicek oleh petugas. Pihaknya memastikan seluruh hewan dalam keadaan sehat.

Dua kedatangan kapal yang mengangkut hewan kurban pada Selasa (14/7) yakni KM Kirana dari Pare-Pare, Sulawesi Selatan tujuan pelabuhan Semayang, Balikpapan tiba sekira pukul 03.15 Wita. Ada 107 ekor hewan kurban diangkut terdiri dari 54 ekor sapi tujuan Balikpapan, 25 ekor Sapi tujuan Sangatta dan Bontang dan 28 ekor kambing tujuan Penajam Paser Utara (PPU).

Sementara kapal lain yang mengangkut hewan kurban tiba dari Kabupaten Majene Sulawesi Barat tujuan pelabuhan Kampung Baru Ujung, Balikpapan Barat. Kapal KLM Fajar Ilahi bermuatan sapi dan kambing dengan total 122 ekor.

“Sejauh ini hasil pemeriksaan semua dokumen hewan kurban yang masuk melalui pelabuhan Semayang dan Kampung Baru Ujung lengkap, setelah kami pastikan lengkap kendaraan yang mengangkut hewan kurban diperselihakan melanjutkan perjalannya,” terangnya.


Kegiatan seperti ini terus dilakukan demi memastikan keamanan dan kesehatan hewan yang datang dari luar Balikpapan. “Setiap kapal yang tiba pasti kami lakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.