Header Ads

Header ADS

Survei Indikator: Nelayan puas dengan kinerja Menteri Edhy Prabowo. Jokowi tidak salah pilih

Derasnya kritik terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terkait cantrang dan ekspor lobster tidak tergambar dalam survei Indikator Politik Indonesia. Buktinya, pelaku usaha perikanan dan kelautan mengaku puas dengan kinerja menteri dari Gerindra itu.

Tidak hanya itu, Edhy bahkan dianggap sebagai menteri dengan kinerja paling baik, khusus di sektor kelautan dan perikanan.

Penilaian tersebut merupakan hasil survei nasional "Evaluasi Pelaku Usaha terhadap Kinerja Ekonomi dan Pemerintahan di di Masa Pandemi" yang dirilis Indikator Politik Indonesia, secara virtual, Kamis, (23/7/2020).

"Kalangan sektor kelautan dan perikanan, penilaian terhadap Edhy Prabowo tinggi sekali. Jadi di kandangnya sendiri, di bagian stakeholder utama KKP, dia justru mendapat banyak kredit," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi saat membacakan hasil survei.

Menurutnya, tinggi kepercayaan stakeholder sektor kelautan dan perikanan terhadap Edhy Prabowo menarik untuk diulas karena berbeda dengan penilaian yang ramai di media sosial. Di media sosial Menteri Edhy cenderung dipersepsikan negatif. Berbeda dengan pendahulunya, Susi Pudjiastuti.

"Di sektor perikanan dan kelautan yang paling baik kinerjanya Pak Edhy Prabowo," tegaanya.

Di sektor tersebut, Menteri Edhy berada di posisi teratas dengan raihan 41 persen, mengungguli Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Tohir yang berada di posisi 2 dan 3 dengan masing-masing memperoleh 34 persen dan 21 persen.

Para pelaku usaha yang menjadi responden totalnya 1.200 orang, terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil, menengah, dan besar di sembilan provinsi yakni Sumatra Utara, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Para responden terbagi dalam tujuh sektor yakni pertanian non perikanan dan kelautan, perikanan dan kelautan, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, konstruksi, serta perdagangan besar dan eceran. Kemudian reparasi, perawatan mobil, dan sepeda motor, serta sektor pengangkutan dan pergudangan. Survei dilakukan melalui wawancara telepon selama 29 Juni sampai 11 Juli 2020.

"Menteri yang paling baik menurut semua responden, Menteri Kelautan dan Perikanan di peringkat nomor 6. Saya cek ternyata kebanyakan sektor kelautan dan perikanan yang yang menjawab Pak Menteri Kelautan Perikanan ini bagus kinerjanya," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.