Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rakor Pengamanan Nataru, Polresta Balikpapan Dirikan 9 Pos Operasi dan Tak Akan Keluarkan Surat Ijin Keramaian

BALIKPAPAN - Dalam rangka kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polresta Balikpapan menggelar Rapat Koodinasi (Rakor) Lintas Sektoral.

Rakor yang digelar pada Jumat (18/12/2020) ini bertempat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polresta Balikpapan yang dibuka langsung oleh Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebpril Sesa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Tibum Satpol PP Kota Balikpapan, Susarno yang mewakili Walikota Balikpapan, Pasiops Kodim 0905 Balikpapan Mayor Herman, Kabagops Polresta Balikpapan Kompol Nurkholis, PJU Polresta Balikpapan, Para Kapolsek jajaran serta perwakilan dari Lanal dan Lanud Dhomber Balikpapan.

Selain itu hadir pula perwakilan dari KSOP, Basarnas, Dishub, BPBD, Jasa Raharja, Orari, Rapi dan Senkom Mitra Polri Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebpril Sesa mengatakan bahwa rakor lintas sektoral ini digelar dalam rangka menyamamakan visi dan misi dalam pengamanan Nataru di wilayah Balikpapan.

AKBP Sebpril Sesa juga mengatakan dalam pengamanan Nataru nanti, tetap menerapkan protokol kesehatan serta mengajak stake holder dan elemen masyarakat lainnya selalu bersinergi guna perayaan Nataru berjalan dengan aman dan tertib.

Terkait perayaan Tahun Baru 2021, Polresta Balikpapan tidak akan mengeluarkan surat ijin keramaian. "Sesuai dengan arahan pimpinan tinggi Polri, Kami tidak akan mengeluarkan ijin keramaian terkait perayaan tahun baru," pungkas AKBP Sesa.

Ditempat yang sama, Kabagops Polresta Balikpapan Kompol Nurkholis memaparkan bahwa Polresta Balikpapan akan menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin Mahakam Tahun 2020 yang akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga tanggal 3 Januari 2021.

Kompol Nurkholis juga menyampaikan selama Operasi Lilin Makaham, Polresta Balikpapan akan mendirikan 9 Pos Operasi masing-masing 3 Pos Terpadu, 2 Pos Pelayanan dan 3 Pos Pengamanan serta 1 Posko Induk di Mapolresta Balikpapan.

Pendirian Pos Operasi kali ini berbeda dengan operasi-operasi kepolisian sebelumnya, yang mana ada beberapa Pos Operasi yang ditempatkan dibeberapa tempat wisata, namun pada Operasi Lilin tahun ini ditiadakan, karena menindaklanjuti Surat Edaran Walikota Balikpapan terkait penutupan sementara tempat wisata/rekreasi selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Dan juga ada sekitar 97 gereja yang ada Balikpapan akan diamankan atau dijaga oleh personel Polresta Balikpapan," lanjutnya.

Lanjutnya lagi, dari 97 gereja tersebut, setidaknya ada beberapa gereja yang akan dilakukan sterilisasi oleh Tim Gegana Satbrimob Polda Kaltim sebelum perayaan ibadah Natal.

Selain mendirikan pos operasi dan pengamanan di gereja, Polresta Balikpapan juga akan menggelar patroli gabungan berskala besar guna menjamin kondusufitas Kota Balikpapan. "Patroli ini untuk memastikan tidak perayaan tahun baru dan tempat-tempat hiburan malam tutup sesuai dengan Surat Edaran Walikota Balikpapan," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Sunarno yang mewakili Walikota Balikpapan mengatakan akan mendukung dan membantu sepenuhnya Polresta Balikpapan dan instansi terkait lain dalam pengamanan Nataru.

"Kami mendukung dengan menempatkan personel Satpol PP dan Dishub Kota Balikpapan di Pos Operasi yang ada," pungkasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Mayor Herman selaku yang mewakili Dandim 0905/Balikpapan. Ia mengatakan bahwa jajaran Kodim 0905 Balikpapan akan menbantu Polresta Balikpapan dengap memploting personelnya di pos-pos operasi. 

Ia juga berharap semua stake holder dan elemen masyarakat lainnya khsusus kristiasni yang merayakan Natal selalu mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Kota Balikpapan. "Serta bersama-sama bersinergi menjaga kondusifitas sehingga perayaan natal dan tahun baru berjalan aman dan nyaman," tutupnya.

Dan untuk diketahui sebelum pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2020, Polresta Balikpapan akan melaksanakan gelar pasukan pada tanggal 21 Desember mendatang dan rencananya akan dilaksanakan di halaman Mapolresta.