Advertisement

Walikota Balikpapan Resmikan Laboratorium PCR Klinik Juanson

BALIKPAPAN - Kemampuan pemeriksaan sampel swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) Balikpapan kembali bertambah. Itu setelah beroperasinya Lab PCR Klinik Ibu dan Anak Juanson di Jalan Asnawi Arbain, Selasa (15/12).

Lab PCR tersebut diresmikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebril Sesa, dan Kepala Satpol PP Zulkifli.

"Semoga keberadaan Lab PCR ini dapat semakin mempercepat pemeriksaan sampel swab untuk mengetahui infeksi Covid-19 di Balikpapan. Karena hingga saat ini, masih menemui kendala waktu untuk menunggu hasil. Bahkan dalam upaya pemeriksaan yang lebih luas, sampel masih kita kirim ke Labkesprov di Samarinda," tutur Wali Kota Balikpapan saat peresmian Lab PCR Juanson.

Dengan beroperasinya Lab PCR Klinik Juanson, fasilitas Lab PCR Balikpapan bertambah menjadi delapan setelah Lab PCR RSPB, Lab PCR-TCM RSKD, Lab PCR PAMA-RSUD Beriman, Lab PCR RST dr Hardjanto, Lab PCR Klinik Tirta, Lab PCR Indika Solidarity, dan Lab PCR RS Siloam.

"Jika semua Lab PCR beroperasi, maka kemampuan pemeriksaan sampel swab Kota Balikpapan dalam sehari bisa mencapai 1.200 sampel," tambah Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Di tempat yang sama, Pimpinan Klinik Ibu dan Anak Juanson, drg Tze To Mie Ling berharap dengan keberadaannya Lab PCR dapat membantu masyarakat dalam upaya menekan penularan Covid-19.

"Kemampuan Lab PCR kami 100 sampel per hari, dengan waktu persiapan hingga pemeriksaan bisa memakan waktu 5 jam. Untuk menambah pelayanan kepada masyarakat kami juga membuka pelayanan baik rapid test selama 24 jam, dan ke depannya PCR juga 24 jam," katanya.

Sebelum meresmikan Lab PCR Klinik Ibu dan Anak Juanson, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menerima bantuan dari PT Krisbow Indonesia Cabang Balikpapan berupa 1 unit face recognition temperature monitor bersama alat pelindung diri (APD) yang dilengkapi dengan masker dan sarung tangan. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan PT Krisbow, Yuan Antonio.