Advertisement

BPBD Siagakan UPT 24 Jam, Antisipasi Musibah di Balikpapan

 

Cuaca di kota Balikpapan dalam beberapa hari terakhir yang sering berubah-ubah kadang pagi panas terik, malamnya hujan deras patut diwaspadai warga Balikpapan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno mengatakan, untuk meminimalisasi terjadinya musibah yang berdampak pada korban jiwa pihak BPBD terus melakukan koordinasi dengan BMKG Balikpapan dalam hal ini untuk mengetahui kondisi cuaca di Balikpapan.

“Contohnya pada saat gempa bumi di Sulawesi Barat yang dijuga dirasakan sebagain wilayah di kota Balikpapan, kami berkoordinasi dengan BMKG apakah juga akan berdampak ke Balikpapan dengan adanya gempa tersebut,” ujar Suseno kepada awak media, Senin (18/01/2021).

“Koordinasi ini juga untuk meminimalisasi terjadinya korban jiwa jika ada musibah bencana dan upaya untuk menginformasikan lebih awal ke warga,” sambungnya.

Suseno kembali mengingatkan kepada warga Balikpapan, melihat situasi cuaca beberapa hari ini kadang berubah-ubah, warga diminta untuk selalu waspada, siaga jika terjadi musibah baik itu tanah longsor maupun banjir.

“Kami juga berkoordinasi dengan instansi lain, sehingga kalau ada musibah bisa saling bantu,” katanya.

BPBD pun sudah menyiapkan petugas di 6 UPT yang ada disetiap kecamatan untuk selalu siaga 24 jam yang dibagi kedalam 3 shift kerja.

“Kita juga berharap dengan warga jika terjadi musibah segera berkoordinasi dengan instansi terkait, sehingga bisa dapat melakukan pertolongan dan pengambilan tindakan selanjutnya,” tutup Suseno.