Advertisement

Brimob Berikan Sembako Buat Warga Balikpapan Kurang Mampu yang Terdampak Covid-19

BALIKPAPAN – Satbrimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor memberikan bantuan paket bahan pangan pokok secara bergilir kepada warga kurang mampu dan terdampak pandemi COVID-19 di Kota Balikpapan.

“Bantuan disalurkan secara bergilir kepada warga kurang mampu dan terdampak pandemi COVID-19 sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kebutuhan pangan warga,” kata Dansat Brimob Pilda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK di Balikpapan, Sabtu (30/1/2021).

Menurut John Huntal Sarjananto Sitanggang, sejak awal pandemi sampai saat ini sudah ratusan warga di Kota Balikpapan yang mendapatkan bantuan paket bahan pangan pokok dan masker.

“Kami sudah memiliki data warga kurang mampu dari personel patroli, jadi lebih mudah menyalurkan bantuan ke rumah-rumah warga,” ujar John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Penyaluran bantuan seperti biasa disalurkan anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim dengan mendatangi langsung rumah warga penerima dengan harapan tidak terjadi kerumunan warga, karena masih pada masa pandemi sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penularan virus.

Pada kesempatan bertemu langsung dengan warga tersebut, pihaknya menyampaikan pesan agar warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan penanganan COVID-19 seiring masih tingginya kasus positif di daerah itu.

“Saat ini sudah terjadi penularan virus transmisi lokal, ini harus disikapi dengan baik, waspada dan tetap mengurangi aktivitas luar rumah dan berkerumun,” kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu, ia menyampaikan imbauan agar masyarakat bisa menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing dan tidak berkerumun saat siang maupun malam hari.

“Kami mengajak seluruh warga untuk patuh aturan dan PPKM,” kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.