Advertisement

Brimob Polda Kaltim Tingkatkan Patroli Dini Hari, Antisipasi Pencegahan Covid-19 dan Aksi Kriminal

BALIKPAPAN – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Prima Kepolisian dan guna menciptakan situasi keamanan wilayah, jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim telah meningkatkan Patroli kewilayahan di malam dini hari guna untuk menjaga kondusifitas dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat diwilayah Hukum Polda Kaltim.

Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi adanya kejadian Tindak Pidana / Kriminalitas dan Pencegahan penyebaran Covid – 19 di wilayah Hukum Polda Kaltim kususnya di Kota Balikpapan, Sabtu, 30 Januari 2021 pukul 00.00 wita s/d Selesai.

Patroli tersebut dilakukan di Obyek Vital yang ada di wilayah hukum kota Balikpapan dalam kegiatan Patroli telah di laksanakan di beberapa titik/tempat di wilayah hukum Kota Balikpapan, dengan sasaran sebagai berikut : Patroli, warung makan/depot makan dan Himbauan protokol kesehatan serta memberikan teguran kepada pengunjung yg kedapatan tidak memakai masker, Patroli warung, pertokoan, pemasangan pamflet dan PPKM.

Patroli warung Makan lalapan, Patroli warung Angkringan,Patroli sepanjang jalur sepanjang Jl. Jend. Sudirman untuk antisipasi 3C dan patroli sambang pos kamling.

Hasil yang di capai dalam giat patroli tersebut adalah selalu memberikan himbauan kepada seluruh warga guna antisipasi pencegaha perkembanan Covid-19 untuk selalu memakai masker dan tetap menjaga jarak aman guna antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan, “memberi himbauan kepada warga masyarakat yg masih berkumpul untuk segera membubarkan diri dan pulang ke rumah masing – masing, tercipta situasi Kamtipmas yang aman, kondusif dan masyarakat wilayah Koya Balikpapan, dapat mematuhi segala ketentuan yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka Pencegahan Virus Corona (Covid-19).” Ucapnya.

“Kegiatatan patroli seperti ini sangat perlu untuk dilakukan karena sebagai salah satu cara untuk menghilangkan niat dan kesempatan para pelaku kejahatan. dengan terus dilakukannya patroli para pelaku kejahatan yang semula sudah mempunyai niat untuk melakukan kejahatan akan mengurungkan niatnya karena tidak ada kesempatan untuk melakukan kejahatan tersebut, mengurungkan kesempatan tersebut dikarenakan adanya kegiatan patroli.” Ungkap Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Disamping untuk meningkatkan kewaspadaan, patroli juga diharapkan sebagai salah satu bentuk pendekatan kepada masyarakat dan diharapkan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pungkas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.