Advertisement

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit, Sosok Jenderal Rendah Hati dan Sederhana

Semua orang tahu menduduki jabatan strategis, seperti Kabareskrim bukanlah hal yang mudah. Apalagi tugas dan tanggung jawab diemban dengan sungguh-sungguh, hingga menghasilkan sederet prestasi selama mengemban amanah posisi tersebut. Hal itu pula yang dilakukan, dan diperolah oleh Komjen Pol. Listyo Sigit.

Namun siapa sangka, di tengah kesibukannya sebagai Kabareskrim, ia selalu memanfaatkan waktu luang di akhir pekan untuk bercengkerama bersama keluarga, usai lima hingga enam hari yang padat dengan aktivitas pekerjaan.

“Hari Minggu bersama keluarga, harus makan bareng, interaksi dengan anak-anak. Saya sempatkan waktu buat keluarga dari pagi sampai sore,” ucap Jenderal yang gemar bermain bulutangkis ini.

Pasangan Listyo Sigit Prabowo dengan Juliati Listyo Sigit ini dikarunia 3 orang anak, 2 laki laki dan 1 perempuan. Kesederhanaan calon Kapolri juga menular ke keluarganya baik istri maupun ketiga anaknya. Istri dari Orang Nomor Satu di Bareskrim ini jarang terekspos media. Ini dikarenakan kesederhanaanya, walaupun sang istri ini juga cukup aktif dengan aktifitas sosial.

Hal itu terlihat saat Istri Jenderal Bintang tiga ini mengunjungi salah satu pos Operasi lilin Kalimaya tahun 2017 lalu di Serang, Banten.

Senyum ramah dan hanya menggunakan baju kaos dan celana sederhana ia menyalami sejumlah pejabat yang sedang bertugas kala itu.

Tidak terlihat menggunakan baju mewah dan sepatu mewah di badan istri Calon Kapolri pengganti Idham Azis ini, sosoknya cukup sederhana.

Sigit mengatakan terpilihnya dia sebagai Kepala Bareskrim merupakan kewenangan atasan. Ia merasa tak menorehkan prestasi luar biasa sepanjang berkarier sebagai polisi. “Saya ini polisi yang biasa saja,” katanya.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Surat Presiden terkait penunjukan Listyo telah diserahkan kepada DPR pada Rabu lalu, 13 Januari 2021.

DPR lewat Komisi III memiliki waktu 20 hari sejak menerima surat tersebut untuk merampungkan proses fit and proper test calon Kapolri yang akan digelar pada Rabu mendatang, 20 Januari 2021.

Sumber: bnpnews