Advertisement

Disdikbud Balikpapan Serahkan Donasi untuk Korban Bencana, Nilainya Capai Rp 500 Jutaan

BALIKPAPAN - Wali Kota Rizal Effendi secara simbolis menerima donasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan pada Jumat (22/1/21) pagi sekira pukul 09.30 Wita di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Donasi tersebut dikumpulkan dari Kepala Sekolah, Guru dan tenaga pendidikan lainnya.

Serah terima dilakukan Kepala Disdikbud, Muhaimin MT kepada Wali Kota yang didampingi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan, Dyah Muryani. Donasi yang dikumpulkan mencapai Rp506.255.000 yang nantinya akan disalurkan PMI Balikpapan kepada korban bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

"Jumlah donasi ini cukup besar, lebih dari setengah milyar. Selain kita membantu saudara-saudara kita, dampak bencana ini memang tidak hanya dirasakan dua provinsi tersebut, tapi juga Balikpapan," ungkap Wali Kota (22/1/21).

Hal Ini karena provinsi tersebut adalah dua daerah yang berdekatan dengan Balikpapan. Apalagi keduanya merupakan pemasok kebutuhan bahan pokok untuk Kota Beriman. Pasokan yang masuk di Balikpapan sebagian berasal dari beras, telur, buah-buahan dan sayur dari Sulbar dan Kalsel.

"Pasti dengan bencana ini produksi pertanian kita menurun, dan menurun pula pasokan untuk Balikpapan yang berakibat harga menjadi mahal. Selain itu juga kebutuhan pokok kita memang terganggu karena Covid-19," terangnya.

Sementara, Kepala Disdikbud, Muhaimin mengatakan, donasi ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Wali Kota kepada Perangkat Daerah.

"Saat coffee morning Pak Wali mengarahkan untuk membantu saudara-saudara kita. Sehingga langsung menginstruksikan kepada teman-teman Kepala Sekolah, guru, dan tenaga pendidik lainnya untuk berdonasi," jelas Muhaimin.

Meski dalam kondisi bekerja dari rumah/Work From Home (WFH), lanjutnya, sekolah-sekolah mengadakan perhimpunan donasi pada Jadi Selasa dan Rabu. Hari Kamis, donasi dikumpulkan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

"Alhamdulillah terkumpul Rp506.255.000. Mudah-mudahan apa yang telah diberikan dengan keluarga besar Disdikbud dari Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Pendidikan kami serahkan kepada pak Wali Kota untuk selanjutnya disampaikan kepada PMI sebagai sebagai Koordinator," kata Muhaimin.

Dirinya berharap donasi ini dapat diterima oleh korban bencana alam yang membutuhkan. "Semoga apa yang kami donasikan nanti diterima oleh mereka, semoga menjadi berkah dan diberikan manfaatnya kepada kita semua," tandasnya.