Advertisement

Dishub Balikpapan Ciptakan dan Pertahanan Kaderisasi Teknis

Dinas Perhubungan Kota Balikpapan dalam kurun empat tahun terakhir menjalankan perjanjian kerjasama atau MOU dengan Kementrian Perhubungan, pengadaan ASN di daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan- Sudirman Djayaleksana mengatakan hampir setiap tahun Kementerian Perhubungan buka penerimaan CPNS dengan kuota mencapai 1500 orang. Dari kuota tersebut setengahnya untuk penempatan di kementrian dan setengahnya lagi diturunkan ke daerah yang sudah terikat MOU.

“Alhamdulilah kita dalam kurun empat tahun totalnya sudah 11 ASN. Jadi setiap tahun kadang kadang dua, tiga dan empat orang. Dan itu tidak mudah bisa dapat sampai 11 orang, ”kata Sudirman.

Sudirman juga memastikan meskipun menerima jatah kuota dari Kementrian Perhubungan untuk ASN baru, tidak serta merta mempengaruhi kuota formasi penerimaan di daerah melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Misalnya gini, kemaren BKD disuruh data berapa pegawai kota yang pensiun dan mau diganti. Kebutuhan ada 100 itu formasi daerah. Kita juga masukan berapa kebutuhan kita dan itu tidak dikurangi karena ada penerimaan ASN dari pusat, ”kata Sudirman menjelaskan.

Dalam pengkaderan personel Dishub, kata Sudirman, pihaknya tidak segan untuk meminta anggotanya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Termasuk untuk sekolah di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dengan harapan lulus dari sekolah tersebut dapat berkontribusi terhadap pembangunan kota sesuai bidangnya.

Selain itu, Soedirman juga meminta pimpinan mempertimbangkan dan menahan rencana mutasi personel Dishub ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Diberi kebutuhan regenerasi ASN yang susuai dengan bidang pendidikan dan keahliannya.

“Kita sudah melakukan kaderisasi, ada sekolah di STTD jadi ada yang ahli di transpor darat. Jadi kalau di suruh pindah ke OPD lain maka hilang ilmunya, ”ujarnya.

“Makanya kita bertahan, kalau ada yang mau di mutasi, saya bilang, eh jangan dulu. Karena yang mau mutasi ini adalah kader yang sudah kita siapkan sebagai seruan, ”kata Sudirman buru-buru menambahkan.