Advertisement

Kasus Covid-19 Melonjak Dampak Libur Natal Tahun Baru

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini benar-benar melonjak mencapai 106 kasus dengan 3 kasus Kematian. Sehingga secara kumulatif pernyataan 6.458 kasus positif dan 282 kasus kematian.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dari 106 kasus positif baru tersebut, rata-rata masih didominasi dengan klaster perusahaan migas dan tambang. Bahkan 14 klaster keluarga.

“Tapi ada muncul ini dari Yayasan Pendidikan dan yang kelengkapan (tenaga kesehatan) nakes-nakes ku mulai berguguran,” ujarnya pada Rabu (06/01).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan mengungkapkan, klaster dampak keluarga libur Natal dan Tahun Baru. “Klaster keluarga dampak kumpul-kumpul di libur Natal dan Tahun Baru mulai nampaknya sekarang,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, jumlah kasus positif karena masyarakat kini mudah melakukan pemeriksaan. Karena banyaknya tersedia fasilitas swab test PCR baik di rumah sakit maupun klinik-klinik dengan harga yang ditetapkan Pemerintah.

“Jumlah laboratorium yang banyak, harga terstandar, masyarakat Balikpapan mampu mandiri ke laboratorium yang sangat mudah diakses,” ujarnya.