Advertisement

Kasus Covid-19 Meningkat, Kapolsek Balikpapan Selatan Maksimalkan Peran Bhabinkamtibmas

BALIKPAPAN - Polsek Balikpapan Selatan terus memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas dalam mendisplinkan penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan dalam rangka upaya Polresta Balikpapan membantu pemerintah mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan.

Seperti yang dilakukan oleh  Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Selatan, Bripka Slamet pada Jumat (22/1/2021).

Disela-sela melakukan sambangnya, Bripka Slamet yang kesehariannya bertugas di Kelurahan Damai Baru ini mngajak masyarakat di RT 14 untuk selalu menerapakan protokol kesehata di setiap aktivitasnya.

Selain itu, Bripka Slamet juga membagikan masker secara gratis kepada warga yang disambanginya.

Saat di konfirmasi melalui pesan Whatsapp, Kapolresta Balikpapan KBP Turmudi melalui Kapolsek Balikpapan Selatan, AKP Agung Nursapto mengatakan bahwa selain Bripka Slamet, para Bhabinkamtismas lainnya juga melaksanakan kegiatan yang sama.

Peran Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat sangat diharapkan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Balikpapan yang saat ini semakin tinggi pasien yang terkonfirmasi positif

"Kasus pasien positif akhir-akhir ini mengalami peningkatan, untuk itu kami maskimalkan peran Bhabinkamtibmas," imbuh Agung

Ia juga mengatakan, bahwa setiap harinya para Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Selatan akan rutin melakukan pendisiplinan prokes di wilayah binaannya masing-masing.

Selain melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan, Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Selatan juga terlibat aktif dalam mendampingi Tim Satgas Covid-19 diwilayah masing-masing dalam menegakan Peraturan Walikota (Perwali).

"Hampir setiap hari, Bhabinkamtibmas bergabung dengan instansi terkait lainnya dalam pencegahan Covid-19 ini, apalagi saat ini Pemkot Balikpapan telah memberlakukan PPKM," tambah mantan Kapolsek Balikpapan Barat ini.

Dan untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kota Balikpapan telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai tanggal 15 Januari hingga 29 Januari 2021.

Dengan adanya PPKM ini, diharapkan kasus Covid-19 di Kota Balikpapan bisa ditekan dan dikendalikan, untuk dibutuhkan peran masyarakat dengan selalui mematuhi himbauan pemerintah dan menerapkan protokol kesehata.

"Pecegahan Covid-19 bukan saja tugas dari Tim Satgas, TNI maupun Polri saja, namun juga diperlukan peran masyarakat untuk berjuang bersama-sama melawan pandemi ini," pungkasnya