Advertisement

Pastikan Perayaan Imlek Tahun 2021 Aman, Brimob Polda Kaltim Intensif Patroli Klenteng


BALIKPAPAN – Untuk memastikan perayaan Tahun Baru Imlek 2021 berjalan aman, lancar dan kondusif, jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim, tingkatkan patroli kamtibmas di wilayah Kota Balikpapan.

Kegiatan kali ini sasaran patroli yaitu Klenteng dan Vihara yang ada di Kota Balikpapan.

Dalam patroli tersebut petugas kepolisian Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melakukan pantauan di beberapa vihara dan klenteng.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK menjelaskan, bahwa patroli Klenteng dan Vihara dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Kapolda Kaltim.

“Dimana dalam peringatan Imlek ditengah pandemi Covid-19. Selain antisipasi gangguan Kamtibmas, petugas juga dituntut aktif untuk antisipasi pelanggaran protokol kesehatan.” Ujar Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Patroli sengaja diarahkan ke Klenteng dan Vihara, hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, jelang perayaan Hari Raya Imlek,” ucap Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Dengan menggunakan buddy system dan bersenjata lengkap, anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menyasar tempat ibadah, obyek vital serta tempat keramaian masyarakat lainnya.

“Patroli rutin telah dilaksanakan, namun demikian menjelang Imlek, kami tingkatkan patroli di klenteng dan vihara, sebagai upaya pencegahan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan,” tandas John Hubtal Sarjananto Sitanggang.

Lebih lanjut Dansat Brimob Polda Kaltim menjelaskan bahwa pihaknya tidak mau underestimate dengan situasi yang relatif aman di wilayahnya. Dan pihaknya akan terus menjalin koordinasi dengan pengurus Klenteng dan vihara jika ada kegiatan ibadah ataupun perayaan.

“Jangan sampai lengah,apalagi meremehkan situasi yang ada, meskipun kegiatan ibadah tidak ada, Brimob Polda Kaltim harus selalu siap siaga,” tutur John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.