Advertisement

Patroli Malam Imlek di Balikpapan, Ini Yang Dilakukan Brimob


BALIKPAPAN – Jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menggelar patroli pengamanan sekaligus operasi protokol kesehatan COVID-19 ke sejumlah vihara pada malam perayaan tahun baru Imlek, Kamis (11/2/2021).

Patroli itu menyisir tiga vihara besar di Kota Balikpapan yakni Vihara Budha Manggala, Vihara Eka Dharma Manggala dan Dhamma Vihara.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi keamanan di malam perayaan tahun baru imlek ini sekaligus penerapan protokol kesehatan COVID-19 kepada jemaat.

Pemerintah tidak melarang jemaat untuk melakukan ibadat persembahyangan di tengah pemberlakuan PPKM mikro. Namun jumlah jemaat dibatasi serta difasilitasi sembahyang secara daring.

Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan, persiapan pengamanan sudah kami laksanakan secara bersama dengan unsur TNI dan instansi lainnya, untuk memberikan rasa aman dan dipastikan situasi kondusif serta pengurus vihara menerapkan protokol kesehatan kepada jemaat.

“Kita berharap agar pandemi COVID-19 segera berakhir. Pasalnya ada perbedaan pada perayaan imlek tahun ini. Dimana mereka tidak dapat saling mengunjungi dan hanya berkomunikasi secara daring,” ujar Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Ketat sekali penerapan protokol kesehatannya saat ini. Selain harus menggunakan masker ya jemaat juga bersembahyang secara bergiliran untuk hindari kerumunan,” kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.