Advertisement

RT di Balikpapan Wajibkan Antigen Cepat Bagi Pendatang

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan melakukan pemantauan penerapan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di RT-RT.

Dari hasil pemantauan ke tiga RT yang dilakukan Tim Satgas, terlihat sudah ada yang mampu secara swadaya menerapkan PPKM skala mikro dilingkungannya. Mulai dari membentuk Satgas Siaga RT hingga menyediakan fasilitas protocol kesehatan. Termasuk menerapkan sejumlah kebijakkan

Dari hasil pemantauan yang dilakukan disejumlah RT, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menerapkan PPKM skala mikro di antaranya RT 11 Kelurahan Damai dan RT 34 Kelurahan Gunung Samarinda.

“Keliling pemantauan PPKM Mikro yang sudah diterapkan di RT-RT. Saya rasa tiga RT yang kita kunjungi sangat menarik, ”ujar Rizal pada Sabtu (20/02)

Bahkan Wali Kota Balikpapan itu mengungkapkan, yang menarik kebijakkan yang diterapkan Satgas setempat di RT 11 Kelurahan Damai bahwa bagi pendatang baru atau tamu wajib menyerahkan antigen cepat

“Di RT 11 dia menerapkan antigen wajib warga baru atau tamu,” ujarnya

Di RT 34 Kelurahan Gunung Samarinda bahkan warga yang terkonfirmasi positif covid-19 mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 300 ribu. Kebijakkan-kebijakkan tersebut mendapat apresiasi dari Satgas Kota.

"Di RT 34 bagi yang terkonfirmasi positif dukungan dana Rp 300 ribu dari Satgas nya,” ujarnya.

Bahkan kata dia, masing-masing Satgas di RT juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga tentang bahaya covid-19. Termasuk perlengkapan kebutuhan untuk protocol kesehatan.

“Di RT 34 lebih lengkap lagi karena sudah sangat maju sekali, cara pemantauannya cara pendekatannya, saya kira ini contoh yang baik untuk kita,” ujarnya

Harapnnya, dengan diterapkannya PPKM skala mikro dimasing-masing RT akan menurunkan akan kasus positif Covid-19. Karena sebagian RT juga swadaya membeli kebutuhan seperti alat pelindung diri (APD).

 “Bahwa PPKM mikro itu dijalankan dengan baik di Balikpapan. Mudah-mudahan ini signifikan dengan hasil, kita bisa melawan yang terkonfirmasi positif. Itu target kita, ”ujarnya.