Advertisement

Tahun Depan Vaksin Covid-19 Merah Putih Tersedia


Pemerintah memastikan vaksin covid-19 Merah Putih buatan dalam negeri tahun depan telah tersedia dan bisa digunakan. Hal itu disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir.

PT Bio Farma yang ditugaskan membuat vaksin dengan mengandeng institusi terkait, Biologi Molekuler Eijkman dan universitas. Hasilnya cukup menggembirakan. Karena telah ada titik terang dalam pembuatan vaksin Merah Putih.

“Kementerian BUMN melalui Bio telah kerjasama 7 institusi salah satu lembaga eijkman dan 6 universitas. Alhamdulilah dari penjajakan ada tanda tanda 2 penemuan dilakukan di tahun ini,” ujar Erick dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.

Mantan Presiden Klub Inter Milan itu menyatakan, Rencananya, uji klinis tahap I dilakukan pada kuartal I 2022. “Semoga nanti di uji klinis terkahir itu di kuartal III tahun 2022 . Sehingga di kuartal IV 2022 sudah ada vaksin merah putih sendiri,” ujarnya.

Sementara Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, Vaksin Merah Putih tersebut, baru bisa mengantongi izin darurat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM dan diproduksi massal pada awal Januari 2022.

"Uji klinis dan pengolahan akan menjadi kecepatan dari Bio Farma yang didukung oleh BPOM Tugas kami adalah secepat mungkin memberikan bibit vaksin kepada PT Bio Farma,” ujarnya

Sementara vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga dengan platform adenovirus ditargetkan pada September 2021. Selain PT Bio Farma, pengembangan Vaksin Merah Putih juga mengajak sejumlah perusahaan swasta yang dapat membantu mempercepat lahirnya vaksin tersebut.

Sumber : suara.com