Advertisement

Tekan Angka Positif Covid, Brimob Gerebek Pasar Pandan Sari Balikpapan Bagikan Masker Gratis


BALIKPAPAN – Anggota Satbrimob Polda Kaltim melakukan gerebek masker di pasar tradisional Pandan Sari Balikpapan. Mereka membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli untuk memutus rantai penularan Covid-19 di wilayah hukum Polda Kaltim khususnya di Kota Balikpaan. Selasa (9/2/2021).

Saat tiba di pasar, anggota Brimob Polda Kaltim berpencar dan blusukan sambil membagikan masker kepada siapapun yang beraktivitas serta melintas di sekitar pasar Pandan Sari, anggota Brimob Polda Kaltim pun juga mewajibkan masyarakat mengenakannya.

Brimob Polda Kaltim tidak segan-segan memaksa dan memakaikan masker kepada masyarakat yang ketahuan tidak benar dalam mengenakannya.

“Kami lakukan giat bagi masker gratis kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19, jadi harus dan wajib menggunakan masker dimanapun kita berada,” kata Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK.

Masih John Huntal Sarjananto Sitanggang mengatakan, dengan kegiatan yang dilakukan ini harapannya agar dapat memutus dan mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan.

“Selain itu juga sebagai wujud menerapkan protokol kesehatan yakni bermasker saat di luar rumah. Kami menyerukan tidak hanya di lingkungan Brimob Polda Kaltim saja tapi juga di masyarakat,” kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.